Apa yang harus dilakukan ketika Anda sering diremehkan? Haruskah Anda balik memaki atau justru menyalahkan diri sendiri? Ataukah mengurung diri di kamar dan menangis sepanjang hari? Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi ini, uraian di bawah ini akan membantu Anda mengambil beberapa langkah yang tepat.

Inilah yang Harus Dilakukan Ketika Anda Selalu Diremehkan

1. Puji Diri Sendiri

Memberikan pujian untuk diri sendiri adalah langkah termudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar negativitas tidak menyeret Anda ke bawah. Namun, ini juga salah satu langkah tersulit. Saat orang lain mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak seberharga atau sehebat yang Anda kira, Anda harus mengatakan pada diri sendiri bahwa hal itu tidak benar.

Setiap kali Anda mendengar komentar negatif, lawanlah dengan komentar positif untuk membentengi diri Anda. Pujilah diri Anda saat bercermin, sesaat sebelum berjalan keluar dari rumah di pagi hari, setiap kali Anda berhasil menyelesaikan tugas atau pekerjaan, setiap kali Anda melakukan kebaikan, dll. Buatlah diri Anda tampak positif di dalam pikiran Anda sendiri dengan melakukan hal-hal berkualitas dan bermanfaat.

2. Abaikan dan Anggap Tidak Penting

Tidak perlu memasukkan komentar negatif orang lain ke dalam hati dan pikiran Anda jika hal tersebut memang tidak benar. Sebaliknya, ingatlah kembali hal-hal baik atau pencapaian yang pernah Anda lakukan untuk mendorong Anda maju ke depan. Pencapaian-pencapaian tersebut dapat menunjukkan kepada Anda bahwa satu hal kecil seperti omongan orang sebenarnya adalah sesuatu yang tidak penting.

3. Berbaur dengan Orang yang Tepat

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang yang berpikiran sama dengan Anda, yang mampu memahami dan mendukung Anda. Mungkin kelompok meditasi atau yoga, klub penulis, atau dimanapun Anda bisa mendapatkan dukungan. Koneksi sehat seperti ini dapat mengarah pada tingkat kepercayaan diri, yang akhirnya dapat membantu Anda memerangi negativitas.

4. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Orang yang sering dibully atau diremehkan orang lain biasanya adalah tipe orang pendiam, pemalu, dan tidak memiliki banyak teman. Dan alasan utama seseorang dapat bersikap seperti ini biasanya karena merasa tidak percaya diri, sehingga sering bingung saat harus memulai obrolan dengan orang lain atau ragu-ragu dalam menyuarakan pendapat dan mengambil keputusan.

Jika Anda terus bersikap seperti ini, orang lain akan memandang Anda sebelah mata dan menganggap Anda tidak berharga. Mulai sekarang, cobalah berjalan dengan lebih percaya diri, pilihan pakaian yang membuat Anda tampak berwibawa, dan lakukan setiap tindakan dengan yakin. Mungkin akan sulit pada awalnya, tapi Anda bisa ‘berpura-pura’ sesaat, sampai Anda terbiasa dan lupa jika sedang berpura-pura.

5. Tunjukkan Melalui Tindakan

Salah satu cara terbaik untuk membalas omongan orang adalah membuatnya melihat Anda berhasil dalam berbagai hal. Jangan membuang waktu dan energi untuk menanggapi komentar negatif, tapi gunakan untuk fokus pada tujuan Anda, baik dalam pendidikan, karir, ataupun hubungan. Biarkan orang lain sibuk membuang waktu untuk meremehkan Anda, sementara Anda sudah sukses lebih dulu.

6. Komitmen

Bahkan jika Anda melakukan kesalahan dan gagal, jangan langsung menyerah atau berpikir bahwa Anda tidak hebat. Ingatkan diri Anda bahwa kesalahan adalah kesempatan untuk belajar, dan orang paling sukses pun tidak berhasil secara instan, seperti Michael Jordan, Stephen King, dan Albert Einstein.

Agar tetap komitmen, ingatlah tujuan akhir Anda. Pikirkan tentang bagaimana hidup Anda atau keluarga Anda akan lebih baik jika Anda berhasil.

Bersikap tegas, mengabaikan, dan terus bergerak maju adalah sikap terbaik untuk menanggapi orang-orang yang meremehkan Anda. Ingatlah bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang menentukan kemana kaki Anda akan melangkah, apakah ke depan untuk sukses atau diam di tempat dan tidak menghasilkan apa-apa.

Teruntuk Anda Yang Sering Diremehkan, Wajib Baca Ini!