Bahasan kita kali ini, berkaitan dengan primbon. Lebih tepatnya, kita akan membahas, tentang apa maknanya, bila kita kedatangan tamu, berdasarkan primbon Jawa.

Dalam Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, bahasan ini adalah di nomor 248. Judulnya Makna Tamu, atau dalam Bahasa Jawanya ‘Ngalamate Katekan Dhayoh.’

Tertulis, bahwa makna kedatangan tamu itu, ada beberapa. Termasuk bermakna memberikan pertolongan yang baik, memberikan nasehat, mencari perselisihan, atau bahkan mengajak bertengkar. Makna ini sendiri didasarkan pada hari datangnya sang tamu, serta dari arah mana tamu ini datang.

Yang di maksud dengan arah, tentu saja adalah asal daerah atau asal tinggal si tamu ini. Bukan arah masuknya. Contoh saja, pernah saya ditanya. ‘Bu Dewi, rumah saya kan menghadap ke utara. Jadi semua tamu ya otomatis datang dari utara, lewat jalan depan rumah.’

Yang dimaksud bukan seperti itu. Arah yang dimaksud adalah, dibandingkan posisi rumah Anda saat ini, asal mula atau tempat tinggal tamu tersebut, ada dimana. Itulah arah yang dimaksud.

1. Hari Minggu

Langsung saja, kita mulai dari tamu yang datang pada hari Minggu. Bila kedatangan tamu, pada hari Minggu, dari arah Timur, maknanya adalah akan memberikan pertolongan yang baik. Jika tamu datang dari arah Selatan, maknanya akan memperoleh halangan yang kurang baik. Jika tamu datang dari arah Barat, maknanya tamu tersebut sengaja datang mencari perselihan. Dan jika tamu ini datang dari arah utara, maknanya adalah akan memberikan rejeki.

2. Hari Senin

Itu untuk hari Minggu. Bila tamu datang pada hari Senin, dari arah Timur, maka maknanya menurut primbon adalah akan memberikan pertolongan yang baik. Jika datang dari arah Selatan, maknanya akan memberikan nasehat yang baik. Jika datang dari Barat, maknanya sengaja mencari perselisihan. Dan jika datang dari arah Utara, maknanya akan bertengkar.


Baca Juga :


3. Hari Selasa

Lanjut ke hari Selasa. Menurut primbon, bila kedatangan tamu pada hari Selasa, dari arah Timur, maknanya akan memberikan pertolongan yang baik. Bila datang dari arah Selatan, maknanya akan memberikan rejeki. Bila datang dari Barat, maknanya tamu ini sengaja datang untuk berselisih. Dan bila datang dari arah utara, maknanya adalah akan bertengkar.

4. Hari Rabu

Lanjut lagi, ke hari Rabu. Bila tamu datang di hari Rabu, dari arah Timur, maknanya akan memberikan pertolongan yang baik. Bila datang dari arah Selatan, maknanya sengaja akan berselisih. Bila datang dari arah Barat, maknanya akan bertengkar. Dan bila tamu ini datang dari utara, maknanya akan memberikan nasehat yang baik.

5. Hari Kamis

Kemudian, tamu yang datang pada hari Kamis. Jika datangnya dari arah Timur, maknanya akan memberikan pertolongan yang baik. Jika datang dari arah Selatan, maknanya akan memberikan nasehat yang baik. Jika datang dari arah Barat, maknanya sengaja akan berselisih. Dan jika datang dari arah Utara, maknanya adalah sengaja akan bertengkar.

6. Hari Jumat

Selanjutnya, tamu yang datang pada hari Jumat. Bila datang dari arah Timur, maknanya adalah sengaja akan berselisih. Bila datang dari Selatan, maknanya adalah sengaja akan bertengkar. Bila datang dari Barat, maknanya akan memberi nasehat yang baik. Dan bila datang dari arah Utara, maknanya akan memberikan pertolongan yang baik.

7. Hari Sabtu

Terakhir, hari Sabtu. Tamu yang datang pada hari Sabtu, dari arah Timur atau Selatan, menurut primbon maknanya adalah sengaja akan berselisih. Bila datang dari arah Barat, maknanya akan memberikan nasehat yang baik. Sedangkan bila datang dari arah Utara, maknanya adalah akan memberikan pertolongan yang baik.

Kurang lebihnya, demikianlah makna kedatangan tamu menurut primbon jawa. Kita jadikan wawasan saja. Seperti yang sudah sering saya sampaikan, primbon bukanlah ilmu pasti. Melainkan bagian dari ngelmu titen. Dirangkum berdasarkan pengalaman dan pengamatan leluhur kita, dengan tujuan agar menjadikan kita lebih hati-hati dan waspada.

Makna Kedatangan Tamu Menurut Primbon