Bahasan kita kali ini, adalah seputar primbon. Lebih tepatnya, kita akan membahas tentang apa maknanya, bila daun telinga kita terasa panas.

Dalam Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, bahasan ini ada di nomor 228. Judulnya adalah Makna Daun Telinga Terasa Panas. Atau dalam Bahasa Jawanya, Ngalamate Gedhohing Kuping Krasa Panas.

Penjelasannya dibagi menjadi dua. Telinga kanan dan telinga kiri. Sebab meskipun sama-sama terasa panas, tetapi bila dirasakan pada daun telinga yang berbeda, maka maknanya akan berbeda juga.

Selain dibagi menurut telinga kanan dan kiri, dalam primbon juga dibagi menurut waktu atau jam dirasakannya gejala ini. Dan di video kali ini, yang akan saya sampaikan, adalah makna untuk telinga kiri yang terasa panas.

Langsung saja, bila daun telinga kiri kita, terasa panas pada waktu antara pukul tujuh hingga sepuluh pagi, maknanya adalah akan menghadapi masalah atau perkara. Ini bukan berarti Anda harus panik, masing-masing dari kita, suatu ketika memang akan menghadapi masalah. Jadi anggaplah sebagai pertanda, agar kita lebih waspada dalam melangkah.

Sedangkan bila rasa panasnya ini muncul antara pukul 11 hingga 12 siang, maknanya adalah jualannya akan laris. Jadi merupakan kabar baik, bagi Anda berdagang atau berjualan.


Baca Juga :


Lanjut ke pukul satu siang hingga pukul empat sore. Bila telinga kiri kita terasa panas pada waktu ini, maknanya akan ada pembicaraan yang baik. Adapun bila telinga kiri terasa panas antara pukul lima sore, hingga pukul tujuh, tandanya akan diajak makan enak.

Beda lagi jika telinga kiri kita terasa panas antara pukul tujuh hingga delapan malam, maknanya menurut primbon adalah akan menghadapi masalah atau perkara. Sementara jika dirasakan antara pukul sembilan hingga sepuluh malam, maknanya adalah akan kehilangan sesuatu.

Bila terasa panasnya antara pukul sebelas hingga pukul dua belas malam, maknanya kita akan kedatangan orang tua. Di atas itu, antara pukul satu hingga dua dini hari, maknanya adalah akan memperoleh banyak rejeki.

Lanjut lagi pada antara pukul tiga hingga empat dini hari, maknanya adalah kita akan diperbincangkan oleh sosok wanita.

Dan yang terakhir, bila tanda ini kita rasakan antara pukul lima hingga enam pagi, maknanya adalah akan ada orang yang memberikan pertolongan dengan baik. Sehingga bila memang posisinya kita sedang membutuhkan bantuan, ada baiknya pertanda ini kita amini.

Tentu saja, seperti biasa saya ingatkan, bahwa primbon bukanlah ilmu pasti. Melainkan bagian dari ngelmu titen. Tanda ini dituturkan agar kita hati-hati dan waspada. Tidak sebaiknya disikapi sebagai sesuatu yang mutlak. Jika memang bermakna baik, kita amini saja, sebagai suatu bentuk pengharapan positif bagi kita.

Demikianlah kurang lebihnya, makna daun telinga yang terasa panas, berdasarkan primbon jawa.

Makna Daun Telinga Terasa Panas Menurut Primbon Jawa