Banyak yang percaya bahwa jabatan dan uang adalah dua hal yang akan mendatangkan kebahagiaan dan rasa hormat. Hal ini tidak salah tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena sebenarnya, kunci agar dihormati dan disegani adalah berhenti fokus pada diri Anda dan mulailah berpikir tentang orang lain.

Kekayaan dan jabatan memang akan membuat Anda berada di posisi atas, tapi saat keduanya hilang, hilanglah juga rasa hormat dari orang-orang untuk Anda. Namun, ketika Anda menggunakan cara kedua tadi, kemungkinan besar rasa hormat orang-orang akan bertahan lama bahkan di sepanjang hidup Anda. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Cara Agar Dihormati

Ikuti 7 tips berikut untuk mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitar Anda:

1. Jadilah Proaktif

Jangan selalu menunggu arahan dari orang lain. Gunakan keahlian dan sumber daya Anda sendiri untuk mulai menyelesaikan sesuatu dan menyelesaikan masalah. Biasakan untuk mencari tahu sendiri dan jangan takut akan tantangan saat mencoba hal-hal baru.

2. Berhenti Meminta Maaf

Kebanyakan orang tidak segan kepada orang yang terlalu banyak atau terus-menerus mengatakan maaf. Bukan berarti tidak boleh mengatakannya sama sekali. Namun, ada waktu dan tempat yang tepat untuk meminta maaf.

Saat Anda membuat kesalahan yang merugikan atau menyakiti orang lain, tentu saja Anda harus segera meminta maaf. Namun berhentilah menggunakan kata “maaf” seratus kali dalam satu jam untuk setiap hal kecil yang salah terutama di tempat kerja.

3. Jangan Membuang Waktu Orang Lain

Ketika Anda menghargai waktu orang lain, orang-orang juga akan menghargai waktu Anda. Contohnya adalah tidak terlambat untuk datang ke suatu pertemuan, baik dengan teman maupun kolega.

Anda juga tidak boleh membicarakan hal-hal yang tidak berguna dalam pertemuan tersebut, tapi langsung ke pokok masalah, ringkas, padat, dan tentu saja memudahkan orang lain untuk membuat keputusan, terutama ketika orang tersebut lebih sibuk dari Anda.

4. Berhenti Bergosip

Anda harus belajar menghormati orang lain terlebih dulu agar orang lain juga hormat dengan Anda. Bahkan jika Anda tidak menyukai orang tersebut, ingatlah bahwa setiap orang memiliki sifat plus dan minus. Jika Anda terus berbicara di belakang orang lain (bergosip), Anda dan reputasi Anda akan jatuh dalam waktu singkat.

5. Bersikap Baik Sesuai Porsi dan Tempat

Jika tujuan Anda adalah ingin disegani, maka bersikap terlalu baik sepanjang waktu tidak akan membuat Anda mencapai tujuan tersebut. Memang, berbuat baik sangat disarankan, tapi jangan membuat diri Anda terlihat seperti orang yang mudah disuruh dan dimanfaatkan.

Sesekali, belajarlah untuk mengatakan “Tidak”. Karena Anda tidak perlu menyetujui semua yang diminta orang lain. Ketika Anda mengatakan tidak, Anda menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda menghargai waktu dan diri Anda, serta Anda tidak punya waktu untuk melakukan semua hal.

6. Menepati Janji

Cara agar disegani paling ampuh adalah menjadi orang yang selalu menepati janji. Jika sebelumnya Anda adalah orang yang suka menyepelekan janji, jangan lakukan lagi. Mulailah untuk menjadi orang yang komitmen dan tidak mudah ingkar janji.

7. Rendah Hati

Kepercayaan diri yang sejati adalah ketika Anda dapat memahami orang lain dengan baik. Ingatlah bahwa Anda tidak selalu benar, dan Anda bukan yang terbaik dalam segala hal. Bahkan meskipun Anda terlihat lebih kaya, lebih berprestasi, lebih tampan/cantik, jangan pernah menjadi orang yang tinggi hati.

Jika Anda benar-benar ingin menjadi orang yang dihormati dan disegani, pelajari tujuh saran di atas dan mulailah mempraktekkannya. Namun bersabarlah, karena tentu saja dibutuhkan waktu dan banyak upaya.

Lakukan 7 Hal Ini Agar Dihormati dan Disegani Banyak Orang