Sebelumnya, sudah sempat kita bahas seputar anak indigo. Tentang apa sebenarnya yang dimaksud anak indigo itu, dan ciri-cirinya anak indigo seperti apa saja.

Untuk menyambung sekaligus melengkapi bahasan tersebut, kali ini akan kita bahas soal bagaimana cara menghadapi anak indigo ini. Saya merasa ini akan menjadi wawasan yang cukup bermanfaat, terutama bagi Anda para orang tua, yang buah hatinya menunjukkan ciri-ciri anak indigo.

Sepanjang pengalaman dan pengamatan saya, banyak orang tua cenderung kebingungan. Ketika menyadari, atau diberitahu bahwa anaknya adalah anak indigo. Bingungnya karena tidak tahu, harus mengasuh atau mengarahkan anaknya dengan cara bagaimana.

Sebab dibanyak kasus, si anak menunjukkan kedewasaan yang lebih, dibandingkan orang tuanya.

Langsung saja, untuk menghadapi anak indigo, yang pertama perlu Anda lakukan, adalah memperlakukan anak ini dengan penuh penghargaan. Hargailah anak Anda, karena jika Anda tidak bisa menunjukkan penghargaan ini, maka anak Anda juga akan sulit menghargai Anda, sekalipun pada kenyataannya Anda memiliki ororitas terhadap anak Anda tersebut.

Yang kedua, dengarkanlah pendapat mereka. Dengan demikian mereka akan tahu, bahwa Anda peduli pada apa yang mereka pikirkan.
Kemudian yang ketiga, dampingilah mereka untuk mengembangkan kemampuan. Berikan mereka pilihan. Contoh, berikanlah mereka pilihan seputar apa yang ingin mereka pelajari. Apakah ingin mempelajari A, atau ingin mempelajari B.

Dengan memberikan pilihan, artinya Anda memberikan mereka suara. Dan cara ini akan membantu anak Anda untuk terlibat dalam keputusannya sendiri, menyadari adanya konsekuensi, dan memperbaiki sikap mereka ke depannya.

Yang keempat, hindarilah memberikan perintah. Bersikaplah kooperatif. Anak indigo, cenderung tidak peduli pada hal-hal yang dimaksudkan untuk mengendalikan atau mengontrol mereka. Mereka akan lebih peduli, terhadap perlakuan yang bersifat adil dan baik.


Baca Juga :


Yang kelima, bantulah mereka melakukan hal yang berbeda. Misalnya, jika anak Anda merasa frustasi terhadap tugas sekolah, yang menjadikan mereka merasa terasing dan sendirian, maka doronglah agar mereka berbuat positif, untuk mengubah kondisi tersebut.
Contohnya, dengan mengajak mereka menulis surat, karya tulis, puisi, membuat poster, atau bahkan mengadakan diskusi kelompok.

Yang keenam, bantulah mereka membangun bakat dan kemampuannya. Doronglah mereka untuk selalu kreatif, dan berani mengekspresikan kepribadian mereka yang unik.

Yang ketujuh, bersikaplah toleran terhadap kondisi emosional mereka yang terkadang ekstrim. Bersikaplah tenang.

Yang kedelapan, doronglah mereka untuk menjadi sumber kedamaian bagi orang lain. Banyak orang percaya, bahwa seorang anak indigo dilahirkan sebagai sumber kedamaian.

Maka doronglah mereka untuk melatih kelebihan mereka tersebut. dengan cara ini, anak akan belajar sikap welas asih, sekaligus belajar juga untuk membangun komunikasi yang lebih baik.

Kemudian yang terakhir, atau yang kesembilan, jelaskanlah sebab dari semua perkara. Jelaskan mengapa suatu hal tersebut terjadi, atau diberlakukan. Mengapa kita perlu aturan. Mengapa mereka perlu mengerjakan pekerjaan rumah. Mengapa dunia kita seperti ini.

Ada kalanya, orang tua yang anaknya indigo, kesulitan menjawab sejumlah pertanyaan. Itu wajar. Yang penting, ketika Anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaanya, maka pahamilah rasa frustasi mereka, dan tunjukkanlah sikap empati. Jangan malah Anda acuhkan begitu saja.

Kurang lebihnya, itulah sembilan cara untuk menghadapi anak indigo. Selalu ingatlah, bahwa yang dimiliki anak ini adalah sebuah bakat. Sebuah kelebihan. Bukan malah sebuah kekurangan. Maka perlakukanlah sang anak dengan penuh penghargaan.

Cara Menghadapi Anak Indigo