Saat salah satu pihak merasa tidak dihargai oleh yang lainnya, bisa dibilang bahwa hubungan tersebut sedang dalam bahaya. Karena rasa tidak nyaman dan sakit dari perasaan tidak dihargai akan membuat orang lebih sensitif dan menimbulkan masalah-masalah lain yang lebih besar dan rumit. Agar tidak berakhir menjadi bencana dan putus hubungan, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Pasangan Merasa Tidak Dihargai?

1. Tidak Pernah Mengatakan Terima Kasih

Pasangan Anda tentunya akan melakukan segala macam hal untuk membuat Anda bahagia, seperti memasak, menemani belanja, bersikap ‘manis’, atau bahkan melakukan hal-hal besar lain yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Namun saat Anda tidak pernah mengatakan terima kasih kepadanya, sangat normal jika pasangan Anda akan merasa sedih. Karena Anda akan terlihat tidak menganggap penting semua upaya yang ia lakukan.

2. Membuat Rencana Sendiri

Misalnya, tiba-tiba sepulang kerja Anda menjemputnya untuk makan malam bersama dengan teman-teman Anda, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, dan ia terpaksa ikut. Padahal mungkin saja hari itu ia sedang sangat lelah dan ingin cepat istirahat.

Sesekali mungkin tidak apa-apa, tapi jika Anda selalu melakukannya, pasangan akan merasa bahwa pendapat dan waktunya tidaklah penting untuk Anda pertimbangkan. Kecuali jika Anda ingin membuat surprise untuknya, misal ingin melamar atau merayakan ulang tahun.

3. Terlalu Santai Menghadapi Konflik

Umumnya, saat terjadi suatu konflik atau masalah dalam hubungan, tentu Anda akan segera berdiskusi dengan pasangan untuk mencari solusi. Jika yang Anda lakukan adalah sebaliknya, yaitu menolak untuk diajak berdiskusi dan terlihat santai atau bahkan bodo amat, pasangan akan menganggap bahwa Anda tidak serius menjalin komitmen tersebut. Anda juga akan tampak egois dan tidak menghargainya.

4. Tidak Pernah Meminta Saran

Jika Anda tidak pernah meminta saran dari pasangan, bisa jadi pasangan akan salah paham dengan berpikir bahwa Anda tidak membutuhkannya. Buatlah pasangan Anda merasa agar lebih dihargai dengan mengikutsertakan ia dalam beberapa keputusan Anda. Hal ini akan membuatnya merasa bahwa ia adalah bagian dari hidup Anda, bukan sekadar ‘aksesoris’ belaka.

5. Mengabaikan Omongan atau Ceritanya

Memang benar bahwa tidak semua hal harus dibicarakan, tapi jika memang sedang menikmati waktu berdua, tidak ada salahnya mendengarkan ia bercerita tentang banyak hal. Pasangan Anda akan merasa sangat senang saat Anda mendengarkan ceritanya dengan seksama, dan sesekali berikan komentar atau lemparkan pertanyaan ringan sebagai bentuk respon Anda.

Sebaliknya, pasangan Anda akan merasa sedih jika setiap kali ia berbicara atau bercerita, Anda seolah cuek dan mengabaikan. Percayalah, hal ini akan memicu pertengkaran.

6. Melupakan Hari-Hari Istimewa

Jika pasangan Anda adalah tipe orang yang suka mengenang tanggal-tanggal tertentu, Anda perlu menyesuaikan kebiasaan ini. Jika Anda terus-menerus melupakan hari-hari istimewa seperti hari ulang tahunnya, tanggal pernikahan/jadian, dsb, pasangan Anda akan kecewa dan berasumsi bahwa Anda tidak menganggap penting hari-hari tersebut.

7. Datang dan Pergi Sesuka Hati

Jika selama ini Anda tidak pernah mengatakan kepada pasangan tentang kemana Anda pergi, apa rencana akhir pekan Anda kali ini, atau dimana kemarin Anda menghabiskan waktu sampai-sampai tidak bisa dihubungi, hentikan segera kebiasaan ini.

Poin ini adalah tanda pasti mengapa tidak dihargai bisa sangat menyakitkan, karena pasangan akan merasa bahwa hubungan ini hanya dari satu sisi alias perasaan sepihak. Ingatlah bahwa hubungan ini tidak Anda jalani sendiri, tapi berdua. Karenanya, Anda tidak boleh pergi dan datang kapanpun sesuka hati.

Setelah Anda membaca dengan seksama beberapa poin di atas, cobalah renungkan kebiasaan mana yang selama ini sering Anda lakukan. Hentikan segera dan ubahlah sikap Anda. Kecuali jika Anda tidak menginginkan hubungan dalam jangka waktu lama.

7 Sikap Ini Bisa Membuat Pasangan Merasa Tidak Dihargai