Segan alias rasa hormat adalah sesuatu yang tidak bisa Anda dapatkan dengan mudah dan instan, tapi harus diusahakan. Jika Anda adalah seseorang yang memiliki jabatan, tentu saja orang-orang akan segan dengan Anda. Namun, bagaimana cara agar disegani orang meskipun Anda tidak berada dalam posisi kepemimpinan?

Tips dan Trik Agar Lebih Disegani

Berikut adalah tujuh sikap yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak rasa hormat:

1. Bersikap Sopan

Langkah awal dan paling penting namun juga tidak mudah adalah selalu bersikap sopan kepada semua orang, mulai dari anggota keluarga, petugas kebersihan, hingga rekan kerja. Beri orang lain rasa hormat yang sama seperti yang ingin Anda terima, baik secara perkataan maupun sikap.

Hilangkan perilaku tidak sopan seperti memutar mata, melirik, bergosip, berbicara negatif tentang seseorang, dan pastikan untuk berpikir sebelum berbicara agar tidak menyinggung orang lain. Serta jangan lupa untuk mengatakan “tolong” dan “terima kasih” sebagai bentuk dasar sopan santun.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Saat melakukan interaksi dengan lawan bicara, jangan pernah mengeluarkan komentar yang dapat memicu pikiran negatif bagi si pendengar, yang kemudian membuatnya salah paham dan menyebarkan cerita yang belum tentu benar. Anda juga tidak boleh menjadi pihak yang terlalu banyak berbicara.

Cara terbaik adalah mengajukan pertanyaan yang mendorong lawan bicara Anda untuk bercerita lebih banyak, dan sesekali respon atau berikan komentar. Kebanyakan orang akan tersanjung dan menilai bahwa Anda adalah tipe orang yang perhatian sekaligus pendengar yang baik.

3. Ringan Tangan

Jadilah orang yang suka mengulurkan tangan dan siap membantu kapan pun dibutuhkan, dan orang-orang akan mulai hormat kepada Anda. Cari peluang untuk bisa membantu yang sebelumnya mungkin Anda abaikan, seperti membantu mengambilkan kopi, menahan tombol lift saat orang lain akan masuk tapi masih agak jauh dari pintu lift, atau buka pintu untuk orang di belakang Anda.

4. Kendalikan Emosi

Perasaan marah, kecewa, dan kesal memang tidak bisa dihindari, namun bisa dikendalikan. Menjadi orang yang disegani bukan berarti tidak boleh marah sama sekali, tapi lakukanlah dengan cara yang elegan. Saat sedang merasa marah, pergilah ke tempat sepi dan biarkan diri Anda untuk sesaat melampiaskan emosi.

Tarik nafas dalam-dalam dan cobalah untuk tenang kembali, mungkin dengan mencuci muka, mendengarkan musik favorit, atau meminum secangkir kopi/teh. Pikirkan kembali dampak buruknya jika Anda melampiaskan amarah dengan memaki atau memukul seseorang, meskipun ia salah. Cobalah bersikap lebih dewasa dengan memaafkannya dan beritahu ia untuk tidak mengulangi hal yang sama.

5. Jangan Keras Kepala

Sifat keras kepala tidak akan membawa Anda melangkah maju, melainkan diam di tempat. Sadarilah bahwa proses evolusi mencakup perubahan. Jadi berusahalah untuk bersikap fleksibel, jangan kaku, dan jangan menganggap bahwa cara atau pendapat Anda adalah yang paling benar.

6. Jaga Penampilan

Banyak yang mengatakan bahwa kesan pertama sangat penting. Dan hal ini sepenuhnya benar. Namun, bukan berarti Anda harus selalu menggunakan baju mahal dan banyak perhiasan atau mobil bagus. Cukup gunakan pakaian yang rapi, sesuai dengan situasi dan kondisi, jangan biarkan rambut berantakan, jaga sepatu agar selalu bersih, dan jika perlu gunakan parfum.

7. Tepat Waktu dan Tepati Janji

Dua hal ini cukup ampuh untuk membuat orang lain segan dengan Anda, bahkan meskipun baru kenal. Jika Anda berhasil menepati janji, orang akan menilai Anda komitmen, dan saat berhasil datang tepat waktu, orang akan memandang Anda disiplin.

Tujuh cara agar disegani di atas memang tidak mudah untuk dipraktekkan, tentu saja butuh waktu dan penyesuaian. Namun ketika berhasil, dampaknya akan sangat luar biasa dan sebanding dengan usaha Anda.

Artikel Paling Dicari:

7 Cara Agar Disegani Orang, Biar Anda Dihormati Orang Lain