Di tanah Sunda, nama Prabu Siliwangi bukanlah hal yang asing lagi. Ia merupakan tokoh besar bersejarah yang sangat dihormati oleh masyarakat Sunda. Selain itu, ia juga dianggap sebagai seorang sosok pemimpin yang ideal. Masyarakat ini, terutama para orang tua, suka menceritakan kisah Prabu Siliwangi.

Sekilas tentang Kisah dan Sejarah Prabu Siliwangi

Dalam kisah-kisah yang diceritakan oleh masyarakat Sunda, Prabu Siliwangi digambarkan sebagai raja Kerajaan Padjajaran yang sakti dan bijaksana. Selama berada di bawah kepemimpinannya, rakyat yang tinggal di kerajaan ini hidup makmur. Di dalam kisah ini juga, ada berbagai sejarah Prabu Siliwangi yang menarik untuk disimak.

Masa Kecilnya

Prabu Siliwangi lahir dari ayah yang bernama Prabu Dewa Niskala dan Ibu yang bernama Permaisuri Mayangsari. Menurut silsilah Prabu Siliwangi, ayahnya tersebut adalah anak dari Niskala Wastu Kencana yang merupakan penguasa Kerajaan Galuh.

Sehingga, sang prabu ini memang terlahir untuk menjadi raja. Prabu Siliwangi juga dikenal dengan nama Pangeran Jayadewata dan saat masih kecil memiliki panggilan Raden Pamanah Rasa.

Masa kecil Prabu Siliwangi banyak dihabiskan di Cirebon bersama paman yang mengasuhnya, yaitu Ki Gedeng Sindangkasih yang merupakan juru pelabuhan di wilayah tersebut. Di bawah pengasuhan pamannya, sang prabu berhasil menguasai banyak ilmu. Setelah memiliki bekal tersebut, sang prabu kembali ke Kerajaan Galuh.

Pertarungannya dengan Macan Putih

Prabu Siliwangi ini terkenal suka berpetualang dari satu gunung ke gunung yang lain yang ada di wilayah Sunda. Selama petualangannya ini, ia meninggalkan beberapa prasasti dan kisah menarik. Salah satunya adalah kisah tentang pertarungannya dengan macan putih yang merupakan seekor siluman yang sakti.

Setelah menjalani pertarungan yang sengit, Prabu Siliwangi berhasil mengalahkan macan putih tersebut. Akibatnya, siluman ini tunduk kepada sang prabu dan setia mendampinginya. Macan putih tersebut juga memberi pusaka kepada sang prabu.

Pusaka tersebut terbuat dari kulit macan dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah untuk terbang seperti burung. Selain itu, pusaka ini juga dapat membuat Prabu Siliwangi berjalan secepat angin dan juga membuatnya tak terlihat.

Istri dan Anak Prabu Siliwangi

Pada zaman dahulu, merupakan suatu hal yang wajar bagi seorang penguasa untuk menikah lebih dari sekali dan memiliki beberapa istri. Hal ini juga dilakukan oleh Prabu Siliwangi. Wanita pertama yang ia persunting sebagai istri adalah Nyi Ambetkasih yang merupakan anak dari Ki Gedeng Sindangkasih.

Sedangkan wanita ke-2 yang ia nikahi adalah Subang Larang. Wanita ini merupakan keturunan penguasa Cirebon sepeninggalan Ki Gedeng Sindangkasih. Selain itu, Subang Larang ini juga telah menganut agama Islam. Perjuangan untuk menikahi wanita cantik tersebut bukanlah perjuangan yang mudah. Sang prabu harus mencari mas kawin seperti yang diminta olehnya.

Selain itu, Prabu Siliwangi juga menikah dengan dua wanita lain. Dari semua pernikahan tersebut, sang prabu memiliki beberapa putra dan putri. Putra dan putrinya yang terkenal adalah Raden Kian Santang, Pangeran Cakrabuwana, Rara Santang, dan Prabu Sanghyang Surawisesa.

Kekuasaan Prabu Siliwangi

Selama masa hidupnya, Prabu Siliwangi berhasil menjadi penguasa wilayah yang sangat luas. Selain menjadi raja Kerajaan Galuh, ia juga ditasbihkan menjadi raja Kerajaan Sunda. Dua kerajaan tersebut lalu dilebur menjadi Kerajaan Padjajaran. Kepemimpinannya atas kerajaan ini berlangsung selama hampir 40 tahun.

Parbu Siliwangi merupakan tokoh sejarah dan juga legenda Sunda yang sangat terkenal. Sebagian kisah Prabu Siliwangi tersebut dibumbui dengan mitos. Meski demikian, hal ini cukup wajar terjadi karena para leluhur menganggap bahwa raja dari zaman dahulu adalah keturunan dewa Hindu yang memiliki kesaktian.

Artikel Paling Dicari:

Sejarah dan Kisah Prabu Siliwangi Yang Perlu Anda Ketahui