misteri-gunung-salak

Gunung Salak adalah nama sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Kawasan Gunung Salak tidak hanya terkenal berbahaya ataupun angker, tetapi juga menyimpan sejuta misteri.

Misteri yang paling terkenal adalah kisah ngahyang atau moksanya Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang memutuskan untuk menghilang dari dunia nyata setelah terdesak pengaruh Islam pada masanya. Konon, di belantara Gunung Salak inilah beliau terkepung dan mengapung ke udara. Titik menghilangnya Prabu Siliwangi ini kemudian dikenal sebagai ‘pengapungan’. Lokasinya berjarak tidak jauh dari Kawah Ratu.

siliwangi 7Kawasan mistis Gunung Salak menyimpan setidaknya 40 (empat puluh) makam para raja kuno yang berusia hingga ratusan tahun. Selain makam keramat, ada juga petilasan suci yang tersebar di berbagai titik, termasuk petilasan Prabu Siliwangi sendiri. Petilasan tersebut berada di kaki Gunung Salak. Saking keramatnya, warga setempat meyakini bahwa tidak seorang pun boleh melewati kawasan tersebut. Apalagi dengan membawa rasa angkuh dan kesombongan.

Puncak Gunung Salak memiliki cuaca yang sering berubah-ubah. Terkadang saat matahari bersinar terik, hujan mendadak turun dengan lebat disertai kabut yang mengaburkan pandangan mata. Inilah yang paling sering menyebabkan bahaya bagi para pendaki Gunung Salak.

Tebalnya kabut yang muncul secara tiba-tiba juga menjadi alasan mengapa pesawat komersil jarang melintas di atas Gunung Salak. Bahkan Anda mungkin masih ingat dengan jelas, bahwa belum lama lalu sebuah pesawat buatan Rusia pernah mengalami kecelakaan tragis di sana.

Selain bahaya penerbangan, bahaya pendakian dan keangkeran lokasinya, Gunung Salak juga dikenal sebagai lokasi tempat pernikahan antara manusia dengan jin.

Artikel Paling Dicari: