Dalam sejarah kerajaan Jawa, masyarakat mengenal banyak tokoh hebat. Beberapa tokoh hebat yang terkenal adalah Prabu Siliwangi, Raden Kian Santang, dan Sunan Kalijaga. Masyarakat zaman dahulu menceritakan bahwa ketiga tokoh tersebut memiliki kesaktian yang tak biasa. Kesaktian Prabu Siliwangi, Raden Kian Santang, dan Sunan Kalijaga ini konon katanya sulit ditandingi.

Kesaktian Raden Kian Santang, Prabu Siliwangi, dan Sunan Kalijaga

Ketiga tokoh sakti tersebut masih merupakan kerabat. Hubungan Prabu Siliwangi dan Raden Kian Santang adalah ayah dan anak. Sedangkan Sunan Kalijaga adalah murid Sunan Gunung Jati yang merupakan cucu Prabu Siliwangi. Seperti apakah kesaktian mereka?

Kesaktian Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi adalah seorang raja yang sakti dan memiliki banyak ilmu. Ilmunya ini ia peroleh ketika diasuh oleh pamannya di Cirebon. Sedangkan, kesaktiannya tersebut sebagian diperoleh saat ia mengembara.

Ketika itu, Prabu Siliwangi sedang beristirahat di dekat Curug Sawer. Tiba-tiba seekor siluman harimau putih mendatangi dirinya. Keduanya pun lalu melakukan sebuah pertarungan yang sengit. Akhirnya, Prabu Siliwangi berhasil mengalahkan harimau jadi-jadian tersebut berkat kesaktian dan ilmu yang ia miliki.

Atas kekalahannya, siluman harimau putih lalu menjadi abdi setia bagi raja Pajajaran ini. Siluman tersebut juga menghadiahkan pusaka yang berbentuk selembar kulit harimau kepada Prabu Siliwangi. Dengan kulit harimau ini, ia dapat terbang. Selain itu, pusaka tersebut dapat pula membantunya untuk berjalan dengan sangat cepat.

Harimau putih juga selalu membantu Prabu Siliwangi ketika sang raja sedang berusaha memperluas teritorinya. Ia membantu sang raja dengan cara mengerahkan bala tentara jin yang menjadi anak buahnya.

Prabu Siliwangi juga memiliki pusaka Kujang Tiga Serangkai yang dibuat oleh Eyang Jaya Perkasa. Pusaka ini terdiri dari 3 kujang dengan gagang putih yang terbuat dari besi yang direndam dengan air suci, gagang hitam yang terbuat dari batu meteor, dan gagang kuning yang terbuat dari api yang dibekukan.

Kesaktian Kian Santang

Raden Kian Santang juga terkenal akan kesaktiannya. Menurut cerita dari para leluhur, putra Prabu Siliwangi ini memiliki ilmu kekebalan tubuh yang sangat kuat. Hingga usianya sekitar 30 tahun, ia belum pernah melihat dirinya terluka dan mengeluarkan darah. Padahal, ia telah mengembara ke seluruh tanah Sunda.

Saking penasarannya dengan darahnya sendiri, Raden Kian Santang sampai meminta tolong ayahnya untuk mencarikan lawan yang kuat. Oleh sebab itu, Prabu Siliwangi memerintah semua ahli nujum untuk mencarikan lawan bagi anaknya. Namun, mereka tidak berhasil. Alih-alih, seorang kakek tua lah yang memberi tahu kepadanya siapa orang yang harus dilawan.

Tandingan Raden Kian Santang tersebut adalah Ali bin Abi Thalib. Untuk bisa menemuinya, putra raja ini harus melakukan beberapa hal sebagai syaratnya. Ia juga harus mencarinya di tanah suci Mekah. Setelah berhasil bertemu dengan Ali bin Abi Thalib, ia mendapat tantangan yang membuat dirinya mengeluarkan banyak darah.

Kesaktian Sunan Kalijaga

Konon katanya, kesaktian Prabu Siliwangi dan Sunan Kalijaga pernah diadu. Hal ini terjadi saat Sunan Kalijaga diutus oleh Sunan Gunung jati untuk mengislamkan Prabu Siliwangi. Tokoh penyebar agama Islam ini mendapat karunia kesaktian dari Allah SWT, salah satunya adalah mampu melaksanakan Sholat Jum’at di Jawa dan Mekah sekaligus.

Di samping itu, ia juga memiliki berbagai pusaka. Salah satu pusaka tersebut yaitu Rompi Ontokusumo. Dengan rompi ini, ia berhasil mengalahkan Ratu Pantai Selatan. Di samping itu, Sunan Kalijaga juga memiliki keris Kyai Carubuk. Pusaka ini membantunya mengalahkan Arya Penangsang yang bersenjatakan Keris Setan Kober.

Kesaktian Prabu Siliwangi, anaknya, dan Sunan Kalijaga memang terdengar mustahil dimiliki. Meski demikian, kesaktian tersebut mungkin memang benar adanya atas izin yang Maha Kuasa. Selain itu, beberapa pusaka tokoh sejarah tersebut dapat ditemukan di museum.

Artikel Paling Dicari:

Kesaktian Prabu Siliwangi, Raden Kian Santang, dan Sunan Kalijaga