Mereka yang memiliki wibawa biasanya lebih dihormati dan disegani oleh orang-orang di sekitarnya. Di samping itu, orang lain biasanya tidak akan meremehkan mereka. Pada dasarnya, menjadi orang yang berwibawa dapat membawa keuntungan tersendiri. Maka, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari ciri dan cara menjadi orang berwibawa.

Ciri Orang Berwibawa

Apakah selama ini Anda belum merasa menjadi seorang pribadi yang berwibawa? Jika demikian, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu ciri-ciri orang berwibawa. Apabila tidak menemukan ciri tersebut di dalam diri sendiri, Anda dapat melatih dan membentuknya sehingga bisa menjadi orang yang berwibawa.

1. Berbicara dengan Intonasi dan Kata-Kata yang Tepat

Seseorang yang berwibawa biasanya berbicara dengan intonasi yang tepat. Ia tidak berbicara dengan nada tinggi dan terkesan marah-marah. Di sisi lain, ia juga tidak berbicara dengan suara rendah dan lirih sehingga tampak seperti orang yang ketakutan dan malu-malu.

Selain itu, ia juga tahu nada bicara seperti apa yang harus digunakan ketika berhadapan dengan orang yang berbeda-beda. Misalnya, berbicara lembut kepada wanita tua dan berbicara dengan nada tegas kepada mereka yang membutuhkan ketegasan.

Kata-kata yang dipilih saat berbicara juga tidak boleh sembarangan. Ia harus memilih kata-katanya dengan bijaksana agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan jelas tanpa menimbulkan perasaan negatif pada orang yang mendengarnya.

2. Menatap Mata dan Menyimak Lawan Bicara

Wibawa seseorang dapat dilihat ketika ia sedang berbicara dengan orang lain. Apabila seseorang menatap mata lawan bicaranya dan menyimak apa yang dikatakannya, maka ia memiliki ciri khas orang yang berwibawa. Selain itu, orang yang berwibawa juga akan memberi respon yang tepat dan menunjukkan gestur yang baik ketika mendengarkan lawan bicaranya.

Semua sikap tersebut menunjukkan bahwa Anda menghormati dan menghargai lawan bicara. Dengan demikian, lawan bicara Anda akan memperlakukan Anda dengan sikap yang sama. Itulah salah satu alasan mengapa orang yang berwibawa lebih dihormati.

3. Bersikap Sopan

Sikap sopan juga merupakan salah satu indikator kepribadian berwibawa. Jika bersikap sopan kepada orang lain, mereka pasti juga akan memperlakukan Anda dengan sopan. Sikap tersebut tidak hanya ditunjukkan pada mereka yang memiliki kedudukan yang sama atau lebih tinggi saja.

Akan tetapi, Anda juga tetap harus bersikap sopan kepada mereka yang memiliki kedudukan lebih rendah. Dengan demikian, semua orang akan menghormati dan menghargai anda, bukannya menganggap Anda sebagai seorang pribadi yang sombong dan pilih kasih. Selain memiliki sopan santun, mereka yang berwibawa biasanya juga beretika.

4. Percaya Diri

Jika Anda ingin menjadi orang yang berwibawa, maka Anda harus memiliki rasa percaya diri tinggi setiap waktu. Kepercayaan diri akan membuat Anda nampak menarik dan berkepribadian kuat. Sehingga, orang lain akan menganggap Anda sebagai orang yang tidak boleh diremehkan.

5. Berpenampilan Baik

Untuk menunjang sikap dan kepribadian di atas, Anda harus selalu berpenampilan baik. Apa yang dimaksud dengan penampilan baik adalah penampilan yang rapi, bersih, dan sesuai dengan acara. Jika berpenampilan lusuh, orang lain akan cenderung memandang rendah dan menilai bahwa Anda tidak pantas dihargai.

Ciri-ciri orang berwibawa tidak hanya apa yang telah disebutkan di atas saja. Masih ada beberapa sikap lain yang dapat membuat Anda nampak berwibawa di depan orang lain. Meski demikian, dengan lima sikap di atas, Anda sudah nampak cukup berwibawa. Anda hanya perlu berlatih dan membiasakan diri dengan sikap baru tersebut agar Anda tidak diremehkan lagi.

Begini Ciri dan Cara Menjadi Orang Berwibawa, Wajib Anda Tiru